Mengapa Cincin Pernikahan Selalu Disematkan Di Jari Manis?

on Selasa, 13 Desember 2011


Setiap manusia baik laki-laki atau perempuan pasti menginginkan jika pernikahannya kelak merupakan sebuah peristiwa, dimana dirinya mendapatkan pasangan hidup yang setia baik dalam keadaan suka maupun duka hingga akhir hayatnya. Pada peristiwa sakral tersebut disematkan pula sebuah cincin di jari manis sebagai lambang ikatan cinta dua mempelai.

Apakah kalian tahu mengapa cincin pernikahan ditempatkan pada jari manis (jari keempat) tidak di jari lain?

kenapa hayoo?

Ada yang tau?

penasaran???

Yaudah Cekidot, hehe..

Ada sebuah Legenda Cina yang bisa menjelaskan hal ini, legenda tersebut menyebutkan bahwa setiap jari mewakili setiap anggota keluarga, dengan perincian:
Ibu Jari mewakili orangtua,
Jari Telunjuk mewakili saudara-saudara (adik-kakak) atau temanmu.
Jari Tengah adalah kamu Sendiri
Jari Manis (Jari Keempat) mewakili pasangan hidup
Jari Kelingking mewakili anak-anak.

Untuk membuktikannya, tidak ada salahnya kamu mencoba gerakan di bawah ini:
1. Pertama, tunjukkan telapak tanganmu, jari tengah ditekuk ke dalam (lihat gambar).
2. Kemudian, 4 jari yang lain (Jempol, Telunjuk, Kelingking dan Jari Manis) masing - masing pertemukan ujungnya.


3. Lalu cobalah buka ibu jarimu. Ibu jari yang mewakili orang tua bisa dibuka karena kita akan membentuk suatu keluarga baru. Hal ini berarti kita akan membentuk kehidupan baru yang terpisah dari orangtua.

5. Tutup kembali ibu jarimu, kemudian buka jari telunjukmu. Jari telunjuk mewakili kakak dan adikmu. Jari itu bisa terbuka karena mereka akan memiliki keluarga dan kehidupan sendiri yang terpisah dengan kita.

6. Sekarang tutup kembali jari telunjukmu, buka jari kelingking. Jari kelingking ini yang mewakili anak-anakmu ini juga bisa dibuka. Artinya Cepat atau lambat anak-anak kita juga akan membentuk keluarga dan kehidupan baru yang terpisah dengan kita.

7. Selanjutnya, tutup jari kelingkingmu. Coba buka jari manismu tempat di mana kita menaruh cincin pernikahanmu, kamu pasti heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Jari manis ini mewakili suami dan istri. Artinya, selama hidup kamu dan pasanganmu akan terus bersama satu sama lain dalam menjalani kehidupan.

Itulah alasan cincin kawin disematkan di jari manis. Sehingga kamu dan pasangan akan terus bersama dan tak bisa terpisahkan sampai hari terakhir hidupnya.

Gimana udah tau kan ilmunya, sekarang tinggal prakteknya hehe,,


Tapi sekarang muncul pertanyaan kalau mempelai perempuannya tidak punya jari manis atau bahkan gak punya tangan kira-kira disematkan di jari mana yah cincin pernikahannya?
ada yang tau??
Mari kita bertanya pada inul yang bergoyang.. haha

yaudah Cukup sekian dulu ceritanya ya, terima kasih banget udah berkenan mampir di gubug maya aku ini. jangan bosen2 mampir yah hehe..

:: Berbagai sumber

2 komentar:

cincin tunangan mengatakan...

hahahhaa...betul2, g bisa lepas jari manisq.

Fatkhul Hadiningrat mengatakan...

hehe,,
Mudah2an usaha cincinnya laris manis mbak ya
Aamiin :)

Posting Komentar